Thursday, 19 July 2012

Meramu Teknologi Digital untuk Wajah Merah Putih

posting by Nuna di 7/19/2012 11:41:00 pm
Reaksi: 
8 komentar
Suatu hari dalam sebuah selingan waktu, entah itu saat menantikan battrei kameraku tercharge penuh, 
atau ketika menunggu batangan berwarna hijau menjalar tak pasti untuk 100% yang kunantikan di depan monitor,
atau sesaat setelah merasakan kepuasan akan kesuksesan mendownload file bergiga-giga setelah enam kali expired.

Aku berfikir.
Apa yang akan terjadi jika semua teknologi digital itu tidak pernah ada ?
Apa yang akan aku lakukan hari ini agar tidak perlu mengais-ngais harta karun di hari esok, seperti kemarin?

Tanpa komputer, kamera, telepon genggam, jejaring sosial, internet. dan sebagainya
mungkin aku hanya akan menjadi pembuat kapak genggam dari batu lalu bergegas tidur pada malam hari tanpa pernah berfikir untuk mengupdate status terlebih dahulu di dunia maya.

Apa itu mengupdate status?
Dimana itu dunia maya?

Lalu apa yang akan terjadi pada dunia ? 

Dan bagaimana dengan negaraku, Indonesia ?


Yah, itu pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat terlontarkan dari mulut siapapun karena telah didahului oleh kehadiran jawabannya sendiri.

Mungkin tidak perlu terlalu jauh meraba-raba mundur dalam pengandaian. 
Semua telah terjadi dengan rapi, dan teknologi itu adalah benar-benar ada.

Oleh karena itu marilah kita sejenak menundukkan kepala untuk mereka-mereka Sang Penemu Teknologi yang telah mendahului kita.
Setelah itu mari kita bersama-sama berdiri dan bertepuk tangan bangga meriah untuk Sang Otak-otak Digital yang masih berkiprah di bumi teknologi sampai sekarang ini.
Terima kasih.

Baiklah.

Indonesia adalah negara yang mayoritas masyarakatnya tidak pernah duduk diam dari tebaran teknologi-teknologi terkini yang kian marak diluncurkan.
Bermain-main di dalam era persaingan produk teknologi, melahirkan banyak pilihan di tengah-tengah kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Pesona Teknologi digital seolah menjamur, tak terkendali, menarik perhatian, mengalihkan zaman, dan mengubah gaya hidup.
Aroma teknologi seakan telah menjadi pemeran utama dalam setiap ruang gerak manusia. 
Teknologi telah menjadi penunjang primer masa depan. 
Dan jujur, 
teknologi digital telah menjadi pengganti makan siangku selama ini.

Peranan teknologi digital untuk Indonesia dan seisinya memang tidak main-main jika dipandang dari sisi manapun di era ini.
Namun layaknya parfum yang harum semerbak, jika disemprotkan semena-mena dan sesuka hati bahkan pada sesuatu yang tepat sekalipun, jangankan hidung yang memang berperan mencium aromanya, 
mata, telinga dan akal sehat pun akan turut terganggu akan aroma yang entah bagaimana ceritanya sehingga dapat turut terlihat dan terdengar.

Yah, menghancurkan makna kata dan berargumen Ngawur-berkelas memang telah menjadi warnaku sebagai pecandu teknologi digital kelas blogger.



Kembali ke topik, 



Sesungguhnya teknologi digital telah menyerbu ganas ke negeri ini.
Serangan berupa kecanggihan, kemudahan, dan kemewahan yang diformulasikan menjadi seolah keajaiban.
Tanpa mendigitalkan otak dalam penggunaannya, bisa saja teknologi yang agung akan berakhir seperti botol parfum yang kosong.

Sekedar menggunakan teknologi sangat berbeda maknanya dengan memanfaatkan teknologi.
Menghirup manfaaat teknologi pun bukan serta merta berarti telah memanfaatkan teknologi.

Setiap orang bisa menggunakan teknologi, tetapi tidak semua bisa memanfaatkannya.
Siapapun bisa memamerkan kecanggihan teknologi dalam genggamannya, tetapi tidak semua orang bisa meramu teknologi digital itu seperti :

Menciptakan sesuatu yang berguna untuk Indonesia,


dan

Menghancurkan sesuatu yang menghancurkan Indonesia.





Menciptakan sesuatu ?
Yap ! 
Rasanya melahirkan karya dengan difasilitasi teknologi yang telah lengkap dan tersedia, 
jauh lebih mudah dari pada harus membayangkan perjuangan para penemu yang menyusun elemen suatu teknologi dari tidak ada menjadi ada.


Walaupun Indonesia belum menceburkan diri ke dalam lautan penemu-penemu teknologi digital handal yang diakui dunia,
tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak anak-anak negeri yang telah berhasil membuat Indonesia maju selangkah lewat idenya.


Salah satu contoh semesta digital yang sangat populer ciptaan rekan se-tanah air, Kristupa Saragih yaitu website 9Fotografernet.

Ramuan ide yang dituangkan ke dalam loyang digital ini merupakan gambaran nyata akan keberadaan jiwa-jiwa fotografer Indonesia yang tidak kalah dengan mereka-mereka yang se-profesi di negara lain.
Persaingan dan kekompakan terjalin secara nasionalisme dalam wadah fotografi itu. 
Hasil karya dengan masing-masing keunikannya terpampang mengagumkan, mengesankan, dan dapat mengangkat nama Indonesia dalam bidang seni dan artistik di mata dunia.


Indonesia harus bangga, dan tentu saja ini dapat dijadikan sebagai motivasi bagi para generasi muda untuk lebih serius dalam berkarya.



"Berhenti bermain-main, dan karyamu akan dikenal"



Teknologi Digital terlalu mengglobal untuk sekedar diselipkan ke dalam saku.
Dalam sekali gerakan klik dapat mengantar penggunanya seolah telah berada di belahan dunia lain.
Untuk memperoleh Ilmu pengetahuan, informasi, berita, hiburan dan apapun tidak perlu lagi ditukarkan dengan waktu, keringat, dan air mata.


Semuanya instan, peka, namun tidak selamanya berbuah positif.




Menghancurkan sesuatu yang menghancurkan Indonesia, merupakan terobosan yang mengharukan bagi Indonesia dewasa ini.


Bagaimana tidak?
Sesak rasanya jika lagi-lagi terdengar kasus akan pelanggaran undang-undang jejaring sosial lewat internet yang tidak lucu dan menarik mundur pamor Negara Tercinta.
Kesalahan otak pada penggunanya tidak bisa dibiarkan dan dimaafkan begitu saja. 
Mereka harus dijebloskan ke dalam penjara.

Iya! tentu saja memenjarakan penyalahpengguna teknologi digital bukan penyiratan akan kalimat "Menghancurkan sesuatu yang menghancurkan Indonesia" yang aku maksud.
Terkadang menulis melibatkan emosi akan kenyataan. :D

Memegang kemudi pencegahan terjadinya penyalahgunaan teknologi digital adalah salah satu jenis usaha memanfaatkan teknologi digital itu sendiri.
Semua orang dapat mengemudikannya, dan tentu saja dengan cara membuka mata, hati, serta mata hati masing-masing individu. Renungkanlah!


Membunuh keinginan berbelok ke arah negatif atas kesenangan yang entah datang dari mana, berhati-hati, serta pintar-pintar menggunakan teknologi akan menjauhkan kita dan Negeri ini dari kelumpuhan akan serbuan ganas teknologi digital.


Indonesia TIDAK PERLU menanggung malu, menggoyahkan kepercayaan pada eksistensi Pusat Teknologi negara, dan mencederai kebanggaan para pengguna sehat akan teknologi digital.


Manfaatkanlah teknologi digital dengan kiblat menuju Indonesia yang lebih maju, menjadi negara yang disegani dunia, negara yang kreatif, negara yang berkesan, negara terbaik!


Indonesia tersusun atas otak-otak digital penerus dunia, tangan-tangan kreatif, dan roh semangat 45 yang selamanya berkobar.
Dengan teknologi dalam genggaman, kenapa tidak ?



Masih banyak cara meramu teknologi digital untuk tetap memerah putihkan Indonesia kita.
Aku sebagai generasi muda yang dengan percaya dirinya mengaku pantang menyerah dan pekerja keras selalu berusaha agar senantiasa mengonsumsi teknologi digital tetap pada jalur khatulistiwa.


Di tengah kesibukan duniawi yang mendalam, berbekal keinginan menulis serta optimis akan kemenangan membuatku bertahan sebagai blogger dan kerap kali meraih prestasi.

Teknologi digital yang satu ini memang tidak bisa dipisahkan dari tunas-tunas penulis berbakat Tanah Air untuk tetap mempositifkan talenta yang meluap-luap.


Aku bangga menjadi bagian dari Blogger Nusantara.

Selain itu, menemukan jati diri sebagai fotografer di dunia nyata membuatku tidak kalah kreatifnya dalam mengolah teknologi digital menjadi lebih berarti.



Media facebook yang seyogyanya bukan tempat pencurahan kegalauan, amarah dan basa basi berhasil kuramu menjadi sebuah wadah pengukir hasil karya yang memang berniat ku perkenalkan pada dunia.
Aku ingin memaksimalkan manfaat teknologi digital yang semasa kecil tidak pernah kuduga akan kutemui lalu menyatu denganku di usia ini.

Semoga semua generasi muda Indonesia berpikiran yang sama dengan tulisanku, bersemangat, lalu melakukan yang terbaik. 


Ayo menguasai teknologi! bukan dikuasai teknologi.



Jadi, sudah siap meramu teknologi digital ?

Thursday, 14 July 2011

I'm a Immortal Dieters ?

posting by Nuna di 7/14/2011 06:42:00 pm
Reaksi: 
9 komentar
helaw moi lovely readers ... and maybe, dieters ? helaw

sebenarnya postingan ini sudah sangaaaaaaat lama pengen gw tulis, 
tapi gw takut keburu langsing, dan bisa jadi postingan ini hanya akan menjadi sebatas nyampah buat dijadiin bahan bacaan.  
joke!


tapi emang sih, +____+ 
seharusnya udah gw tulis dari dulu,
soalnya gw .....


gue ..


GUE GAK LANGSING-LANGSIIIIING............ milkysmile


 
sebagai wanita normal wajar kan pengen punya body yang ideal ?
siapa sih yang ga mau langsing?
trus siapa yang ga mau jeans 27 melingkar pas di pinggangnya?

SIAPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA ???? milkysmile


tiba-tiba seorang binaragawan wanita Juara Olimpiade Beijing pengangkat besi 190 Kg datang menghampiri gw, dan ...........
dia menangis terkulai (?) meratapi nasibnya sebagai seorang atlit yang HARUS tetap menjadi kebanggaan negaranya, dan merelakan impiannya yang sebenarnya yaitu menjadi Miss Universe #SUMPAHGARING



"Kegaringan adalah Seni" 
-Nuna



yea ... gw udah lupa kapan gw pertama kali menyandang gelar dieters.

kata sebahagian teman-teman gw sih, gw ga usah diet.
katanya bodyku udah bagus, tinggal di jaga aja.


Hellowwwwwwhhh ...
lo lo pade ga liat ya gw kayak kue mochi berponi ? bukan bakpao lagi...
Trus kata anak kecil bernama Nanda, gw kayak kentucky fried chicken ...
apa gw gak nyesek tuh?

gw bingung, napa susah banget mencapai angka 46 di benda persegi menyebalkan yang kalo aku naik ke atasnya, ga bosan-bosannya selalu menunjuk angka ..teeeeeeeeeeeet (my weight ? don't ask, please)

padahal gw ini atlit, kerjanya olahraga tiap sore...
but this didn't work ... what's wrong with meh?
mungkinkah olahraga selama ini sebenarnya sudah sangat membantu dalam menjaga postur gw tetap layak pandang?
woaa, kebayang kalo seandainya gw gak pernah olahraga, pasti body gw udah kayak Angelina Jolie yang salah minum obat, keselek gajah, dicampur TBM jadinya ngembang ... ha ha ha ha =='



so dari pada di gebukin ma Justin Timberlake, #salah
(Timberlake bukan siapa-siapanya Jolie kok, dia disuruh ma Brad Pitt :D)

inilah perjalanan karier ku sebagai dieters, sejak awal debut (?) sampai menjadi se-populer sekarang (???)



pada suatu saat,


gw ngerasain telah menjadi bohay dan timbangan diatas rata-rata.

merasa Pedemometer gw menurun 45 derajat, gw mulai menyingkirkan makanan-makanan berlemak dan berminyak dan hanya bisa memandangnya dari jauh, atau paling tidak gw hanya mencocolnya, tapi eh, tiba-tiba entah pikiran dari mana, tuh makanan, contoh: "pisang goreng renyah buatan momma" ... tuh pisang langsung gw cubit sedikit dan memasukkannya ke dalam mulut. saking lezatnya tanpa sadar gw habisin deh sepotong, dua potong, dan jadilah berpotong-potong. FAILED



berikutnya gw bikin strategi baru, gw melakukan diet sedikit dibawah ekstrim, STOP DINNER! biar ga terpengaruh, gw mengurung diri aja dikamar sambil laptopan, hapean, musikan, baringan, gulingan, jungkiran, saltoan, (baca: ga sanggup nyium aroma beterbangan ikan toppa tumis dari dapur). dengan sendirinya strategi gw berubah deh jadi diet sedikit diatas easy ... la la la la la .... *lari-larian ke meja makan*


FAILEDDD !!




Sampai pada dinasty berikutnya, body gw masih terlihat bohay bak anak gajah yang kurusan *shocking cry*
mau ga mau gw bikin strategi baru, JOGGING !!!
sebelum bobo gw pasang alarm pukul 05.02 am.
sebenarnya gw targetnya bangun pukul 05.15, tapi gw diskon 13 menit kali kali pas alarm bunyi naluri kemalasan dalam tubuh gw ke turn on...

tiba waktu alarm itu berbunyi, dengan cepat ku matikan alarm itu sambil masih menutup mata, trus gw dengan PD nya berkata dalam hati, "joggingnya besok saja deh"

hellooooooooooooowww ... 
what the monkei this girl !!!!

uniknya, ini terjadi setiap hari ... gw bener-bener wanita penuh hari esok ...



FAILED ! Congrats ...




belum menyerah, gw membuat gebrakan baru. Diet tersalah di dunia, yea... gw tahu itu, tapi apa boleh buat... Ini jalan yang tersisa ...


BEGADANG "_"


Dengan hati riang dan gembira gw berlaptop-laptopan di kamar tanpa memikirkan perjalanan tiga jarum sok-sok-an bersaudara yang ga pernah berhenti berputar, kecuali batreinya abiss.

browsing, blogging, and download mengalihkan gw dari seorang cute sleepers menjadi rock insomniers ...

gw tahu ini bukan gaya hidup atlit, tapi mumpung kejuaraan masih jauh, gw mallapuru aja deh... he he he ... walaupun sebenarnya kalau senpai-senpai gw tahu nih, pasti gw kena pites ! milkysmile

berhari-hari kujalani hari menjadi Online Midnight Fairy ... kulalui malam di depan laptop sampe mata kering, alhasil ... pipi gw ngempis kayak kue mochi yang abis didudukin bayi (?) *ga ada contoh lain ya?*

YEAAHH ... pipi gw kempis .. pipi gw kempis ...
eh, belum selesai nge-nyheer leader, gw bercermin lebih dalam ... mata gw ! ya Allah



MATA GUEEEEEEEEEEEEE... milkysmile



mata gue yang sebelumnya indah memukau, netral (ga plus or mines), besar bak mata barbie, berkilauan berwarna biru, dan bening menghanyutkan #BIGLIES .. sekarang terlihat sayu, pucat, berkantung, dan gw jadi si mata panda !


owh nozz !


itu malam terakhir gw begadang, ga akan gw lanjutin ... mata gw terlalu berharga buat digantiin ama kue mochi yang abis didudukin bayi !!!

bu bye Insomnia World ...



apakah gw failed lagi ?



FAILED !!!!



yea, bukan cuma failed, tapi gw udah OVER FAILED ...



"Hard to being Slim"
-Nuna



sebenarnya kalau perjalanan karier gw itu dibaca ulang, semua kesalahan terletak pada KEMAUAN DAN KEGIGIHAN yang minim ...


seandainya gw lebih berusaha dikiiiit ajah ...U,U


sekarang gw udah 19 tahun,
menurut gw, gw sudah terlampau tua untuk bermain-main. gw udah harus bener-bener mikirin rencana hidup kedepan ...

tapi body masih bohay, jadi perjalanan karier dieters gw harus tetap gw lanjutin !milkysmile


the question is, how long ? milkysmile

until I slim ?

I don't know when that question will be answered.
atau mungkin gw bakal abisin sisa umur gw hanya untuk menjadi dieters?

hakz ? I'm a true Immortal Dieters ?




whew,


 

Nuna`s Memory Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | Best Kindle Device